Pengaruh Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Pemberdayaan Kelompok Tani Padi di Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang


Rindi Tintiana
18/424435/PN/15475

PENGARUH PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI PADI DI KECAMATAN MATTIROBULU KABUPATEN PINRANG

Tujuan dari pembangunan pertanian yaitu mengembangkan sistem pertanian yang berkelanjutan, dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berguna untuk menunjang pembangunan pertanian. Penyuluhan pertanian merupakan faktor yang penting dalam mewujudkan tujuan pembangunan pertanian tersebut. Hasil akhir dari pembangunan pertanian yaitu peningkatan kesejahteraan petani dan keluarganya.
Penyuluhan pertanian berperan penting bagi pembangunan pertanian dimana penyuluhan merupakan salah satu upaya pemberdayaan petani dan pelaku usaha pertanian untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan. Melalui kegiatan penyuluhan,kemampuan petani ditingkatkan agar dapat mengelola usaha taninya dengan produktif,efisien dan menguntungkan. Hal tersebut dapat menjadikan petani dan keluarganya dapat menjadi lebih sejahtera.
Potensi sumberdaya alam Kecamatan Mattirobulu diarahkan pada pembangunan pertanian. Melalui peran penyuluh dan pemberdayaan masyarakat petani secara intensif akan mampu mengangkat harkat dan martabat bagi masyarakat petani dalam berusaha. Penyuluh pertanian bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta merubah sikap dan perilaku petani beserta keluarganya dari tradisional menjadi dinamis rasional. Agar tujuan itu dapat tercapai maka perlu digiatkan pelatihan dan program penyuluhan yang dilakukan oleh penyuluh pertanian untuk masyarakat petani.
Penyuluh berperan penting dalam keberlanjutan kelompok tani. Penyuluh sebagai fasilitator berperan penting terhadap pemberdayaan kelompok tani. Penyuluh sebagai fasilitator secara langsung dapat meningkatkan perkembangan kelompok. Perkembagan kelompok tani harus didasari dengan peningkatan kapasitas petani. Peningkatan kapasitas petani bisa dengan cara meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap petani dalam kelompok dan dalam berusahatani. Peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan sikap ini sangat membantu petani, hal tersebut diharapkan dengan peningkatan kapasitas diri petani, petani akan lebih termotivasi dalam melakukan peningkatan perkembangan kelompok tani.
Peran penyuluh sebagai pendidik berpengaruh nyata terhadap pemberdayaan kelompok tani padi di Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Penyuluh selalu memberikan pendapat/ gagasan kepada petani mengenai hambatan yang dihadapi oleh petani dan pengajaran yang diberikan oleh penyuluh dapat membatu petani ataupun pelatihan yang telah di berikan dapat perpengaruh nyata dalam pemberdayaan kelompok tani. Penyuluhan adalah proses pendidikan dengan sistem pendididkan nonformal untuk mengubah perilaku orang dewasa agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang lebih baik. Peran penyuluh pertanian yang mempengaruhi pemberdayaan kelompok tani adalah Fasilitator dan pendidik. Peran penyuluh pertanian terhadap pemberdayaan kelompok tani di Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang sudah cukup baik karna penyuluh telah melakukan tugasnya dengan memberikan fasilitas kepada kelompok tani dan juga penyuluh telah menjadi pendidikat ataupun memberi bimbingan kepada petani guna menopang kesejahteraan petani dan keluarganya.



sumber:

Muspitasari,D., Irmayani, dan Yusriadi. 2019. Pengaruh peran penyuluh pertanian terhadap pemberdayaan kelompok tani padi di kecamatan Mattirobulu kabupaten Pinrang. Jurnal Ecosystem 19(1):19-23

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyuluhan Pertanian dan Perikanan di Indonesia

STRATEGI PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN DALAM MERUBAH PARADIGMA PETANI PADA PENERAPAN SISTEM JAJAR LEGOWO DI KECAMATAN DUNGALIYO KABUPATEN GORONTALO