Prospek surat kabar sebagai berita pertanian


Prospek surat kabar sebagai berita pertanian



Menurut Onong Uchjana Effendy, “Surat kabar adalah lembaran yang tercetak dan memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan terbit secara periodik, bersifat umum, isinya termasa dan aktual mengenai apa saja dan dimana saja di seluruh dunia untuk diketahui pembaca” (Effendy,1993). Jadi, Arti penting surat kabar terletak pada kemampuannya untuk menyajikan berita-berita dan gagasan-gagasan tentang perkembangan masyarakat pada umumnya, yang dapat mempengaruhi kehidupan modern seperti sekarang ini.  Selain itu surat kabar mampu menyampaikan sesuatu setiap saat kepada pembacanya. Kemudian peran surta kabar ini pada pertanian memiliki empat posisi yaitu sebagai lembaga sosial, lembaga ekonomi, produk informasi dan media informasi (Abrar, 2003). Surat kabar harus selalu menjadi perhatian perusahaan pers agar keempatnya bisa berjalan dengan baik tanpa harus mengorbankan satu sama lainnya sehingga masyarakat pembaca dapat memanfaatkan media surat kabar tersebut secara lebih optimal.

Studi tentang keefektifan media massa dalam hal ini surat kabar mengenai pembangunan pertanian telah menghasilkan kesimpulan bahwa surat kabar di dunia ketiga mampu memainkan peranan yang penting dalam ikut menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan pertanian. Keberadaan surat kabar akan menjadi salah satu unsur yang dapat mengubah peran masyarakat dalam pembangunan, terutama bidang pertanian dan pedesaan.

Rubrik Kandha Raharja merupakan salah satu rubrik khusus pada Surat Kabar Harian (SKH) Kedaulatan Rakyat. Pemuatan rubrik khusus pertanian ini merupakan suatu ciri yang khas dan akan menjadi kekuatan tersendiri bagi surat kabar yang bersangkutan dibandingkan dengan surat kabar lainnya. Adanya rubrik ini setidaknya akan berpengaruh terhadap pemenuhan informasi maupun berita pertanian kepada khalayaknya. Pemenuhan kebutuhan berita serta informasi pertanian ini tentu tidak terlepas dari sejauh mana peran komunikator dalam mendistribusikan berita atau informasi pertanian yang penting dan dibutuhkan oleh pembacanya. Banyak sedikitnya berita pertanian yang dimuat dalam rubrik setiap seminggu sekali akan menunjukkan kecenderungan menjadi besarnya kontribusi komunikator dalam pendistribusian informasi. Selain itu, sumber serta topik-topik yang ditawarkan oleh pihak redaksi akan berpengaruh terhadap kecenderungan perkembangan pertanian di masa sekarang dan yang akan datang.

Mengenai topik berita pertanian yang ada di Rubrik Pertanian Kandha Raharja, kini muncul kecenderungan baru yang mengarah kepada pertanian dalam arti luas. Pertanian kini tidak hanya sekedar berproduksi dan membudidayakan. Pengolahan hasil pertanian, perikanan, pemasaran, hewan ternak, hobi, hortikultura, tanaman hias, hasil hutan, tanaman obat-obatan dan sebagainya kini telah menjadi tren yang diusahakan, baik oleh petani maupun mereka yang tertarik dengan masalah pertanian. Selain itu pemuatan berita yang menyangkut permasalahan pertanian seperti : hama dan penyakit, konsultasi masalah pertanian, peternakan dan sebagainya juga tidak luput dari keinginan untuk memuaskan pembacanya yang sebagian besar adalah para petani.



Abrar, Ana Nadya. 2003. Teknologi Komunikasi Perspektif Ilmu Komunikasi. LESFI. Yogyakarta.

Al Faqih, M. 2008. Peran Sosial dalam Siaran Sebuah Radio. Http://www.pikiranrakyat.com/cetak/2006/112006/20/0903.htm. Diakses pada tanggal 19 oktober 2019.

Pemuda tani, 2008, Peran Komunikasi Massa dalam Pembangunan Pertaian, artikel pertania, diakses pada tanggal 19 oktober 2019.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyuluhan Pertanian dan Perikanan di Indonesia

STRATEGI PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN DALAM MERUBAH PARADIGMA PETANI PADA PENERAPAN SISTEM JAJAR LEGOWO DI KECAMATAN DUNGALIYO KABUPATEN GORONTALO